images/stories/id.gif   images/stories/gb.gif

1. Sejarah Berdirinya Badan Koordinasi Promosi dan Penanaman Modal Provinsi Jawa Barat PDF Cetak E-mail
Kontributor BKPPMD   
Sejarah Berdirinya Badan Koordinasi Promosi dan Penanaman Modal Provinsi Jawa Barat

Sejarah Berdirinya BKPPMD

Dengan berlakukanya Undang-undang No. 22 Tahun 1999, tentang pemerintahan daerah yang ditindaklanjuti dengan peraturaran pemerintah No. 25 Tahun 2000, Tentang Kewenangan Pemerintah Pusat dan Promosi sebagai Daerah Otonom, membawa perubahan yang sangat mendasar dalam keseluruhan sistem kewenangan pemerintah, termasuk dalam proses pelayanan yang berhubungan semakin tajam, baik antara daerah kabupaten/kota maupun antar propinsi. Dengan demikian hanya dearah-daerah kabupaten/kota atau propinsi yang telah mampu mempersiapkan diri dengan baik, seperti dalam hal penyedianan informasi peluang usaha dan pemberian pelayanan prima, yang akan menjadi pilihan utama investor guna melakukan investasi. Oleh karena itu perlu adanya peningkatan daya saing masing-masing daerah, yang pada gilirannya akan memberikan kontribusi pada peningkatan daya saing secara keseluruhan dalam menarik investasi.
Pada penghujung tahun 2000, berdasarkan peraturan daerah Propinsi Jawa Barat No. 16 Tahun 2000 tentang Lembaga Teknis Daerah Propinsi Jawa Barat, telah terbentuk Badan Koordinasi Promosi dan Penanaman Modal Daerah ( BKPPMD) Propinsi Jawa Barat, yang dlam rangka memperdayakan perlu disusun Perencanaan Strategis ( RENSTRA) BKPPMD Propinsi Jawa Barat selama 5 Tahun ( 2001-2005).

Tugas Pokok & Fungsi

Keberadaan BKPPMD Propinsi Jawa Barat, diatur dengan Peraturan Provinsi Jawa Barat Nomor 22 Tahun 2008, tentang Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat, Badan Perencanaan Pembangunan daerah, lembaga Teknis Darah dan Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Barat, perlu diatur lebih lanjut Tugas Pokok, Fungsi, Rincian Tugas Unit dan Tata Kerja Badan Koordinasi Promosi dan Penanaman Modal Daerah Provinsi Jawa Barat.

Adapun tugas pokok dan fungsi BKPPMD Provinsi Jawa Barat berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 50 Tahun 2009 tentang Tugas Pokok, Fungsi, Rincian Tugas Unit dan Tata Kerja Badan Koordinasi Promosi dan Penanaman Modal Daerah Provinsi Jawa Barat, adalah sebagai berikut:

BKPPMD Propinsi Jawa Barat mempunyai tugas pokok menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan Daerah bidang koordinasi promosi dan penanaman modal Daerah.

Untuk melaksanakan tugas pokok diatas, BKPPMD Propisi Jawa Barat Memiliki fungsi, sebagai berikut:
  1. a. Penyelenggaraan perumusan dan penetapan kebijakan teknis koordinasi promosi dan penanaman modal Daerah.
  2. b. Penyelenggaraan kesekretariatan, pengendalian, promosi, pelayanan dan fasilitasi investasi dan pengmabngan investasi.
  3. c. Penyelenggaraan koordinasi dan pembinaan UPTB.